PERAWATAN RINGAN DAN BERKALA YANG SERING TERABAIKAN

Selamat siang lurr,Ketemu lagi kita bersua setelah beberapa hari tidak post artikel dimari di Blog MADTREEC.

Nich Bang Mimin ingin berbagi pengalaman dalam perawatan part kendaraan yang kita sayangi….. Ora bojo tok lur sing disayang…. motor pun juga perlu disayang…. hehehe…..

Kali ini Bang Mimin ingin mengulas tentang part kendaraan yang cukup penting berperan saat kita berkendara. Yups…. Part itu sistem pengereman khususnya Rem Cakram.

Sistem pengeraman sangat penting saat kita berkendara, tentunya untuk mengurangi kecepatan kita saat berada di jalan raya. Kita seringkali mengabaikan kebersihan area sistem pengereman terutama Kaliper atau rumah piston kampas rem. Terkadang pula luput dari pengawasan, sering kali kampas rem cakram telat kita ganti sehingga membuat piringan cakram menjadi tidak rata dan membuat alur putar pada piringan cakram tersebut.

Nahhh… mumpung kita bahas, mari bersama-sama kita luangkan untuk mengecek dan membersihkan kaliper rem cakram depan dan belakang. Siapa tau motor sedulur disini ada yang luput perawatan.

Alat-alat yang digunakan tidak terlalu rumit lur termasuk penggerjaannya juga gampang, sebagian dri kita pasti punya alat yang digunakan. Opo ae to lur alate??? Siapkan saja lur….

  1. Kunci L bawaan pabrikan (untuk membuka baut Dudukan kaliper Cakram depan)
  2. Kunci T 8 (untuk membuka baut pengunci kampas Rem Cakram depan)
  3. Kunci Ring / Pas (untuk membuka kaliper cakram belakang )
  4. Ember berisi air bersih, sabun colek, dan Sikat gigi bekas untuk membersihkan kaliper rem cakram )
  5. Lap bersih dan bisa juga kompresor untuk menghilangkan sisa air

Cara pertama tentunya lepas kaliper terlebih dahulu lur, lepaskan juga kampas rem dari posisinya.

Cek apakah masih layak digunakan atau tidak kampas rem tersebut cek juga part lain seperti seal dudukan kampas rem, klo sudah tidak layak monggo diganti lur tentunya dengan memakai Genuine Part Asli HONDA lur biar lebih terjamin kualitasnya. Atau monggo diganti dengan yang lain tapi resiko tanggung sendiri yo lurr…. hehehe….

 

Selanjutnya bersihkan rumah piston atau kaliper rem dengan air sabun lur sikat sampai bersih juga supaya kotoran hilang dan tidak mengganggu kinerja piston cakram, pembersihan rumah piston bisa juga menggunakan bensin lur sebagai pengganti air sabun, tapi ojo diobong yo lur bare iku. Hehe…

Setelah selesai mencuci rumah piston / kaliper lur lap – lap sampai mengkilap lur bisa buat ngaca pistonnya sampai tidak ada sisa air bisa juga disemprot menggunakan kompresor supaya air tidak menimbulkan karat di piston. Jangan lupa kasih juga pelumas untuk rumah dudukan kampas rem lur.

Tips lainnya apabila kampas rem masih kondisinya masih layak pakai bisa dibersihkan pakai amplas lur dan juga piringan cakramnya bisa diamplas pula.

 

 

Setelah semuanya selesai pasang ulang kampas bekas yang masih baik atau kampas baru penggatinya. Usahakan pemasangan rumah piston / kaliper rem cakram kembali seperti posisi semula lur supaya tidak miring.

Jika semuanya sudah selesai, ojok lali lur sruput Pop es disik ben seeggeerrr….

Sekian dulu lur ulasan mengenai tips merawat kaliper rumah piston rem cakram, semoga bermanfaat ambil yang positif tambahi bila ada kekurangan benahi jika ada kekeliruan/kesalahan lur….

Sekian, wassalam….

Salam seduluran Selawase kabeh sedulur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*